Walikota Minta Hibah Jalan Ke Pemprov, Teuku: Demi Kenyamanan Masyarakat Kota Bengkulu

Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain
Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain

Coverpublik.com – Belum lama ini pemerintah Kota Bengkulu melayangkan surat terkait permohonan Hibah status jalan Hibrida Raya dan jalan Kalimantan Kelurahan Kampung Bali Kota Bengkulu kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Surat permohonan hibah jalan dengan nomor 600/DPUPR/2022 tersebut ditujukan kepda Gubernur pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu dan ditandatangani oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Surat Hibah Status Jalan yang di ajukan Wali Kota Helmi Hasan Kepemprov

Menanggapi permintaan hibah jalan Provinsi yang berada di wilayah kota Bengkulu ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi PAN kota Bengkulu Teuku Zulkarnain mengatakan,Terkait  Permintaan Hibah jalan Provinsi yang berada di dalam Kota Bengkulu kepada Gubernur tersebut memang sudah waktunya.

Karena menurut Teuku selama jalan provinsi yang berada di dalam Kota Bengkulu, dan setatusnya masih menjadi kewenangan pemerintah Provinsi, dirinya menilai minim perawatan. Bahkan setiap hari warga yang melintasi jalan Hibrida dan Jalan kampung bali tersebut sudah banyak yang menjadi Korban akibat kecelakaan. Hal ini disampaikan Teuku Zulkarnain kepada redaksi media ini pada Minggu,sore (28/08/2022)

“Jadi yang di gagaskan oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan Bersama Wakil Wali kota Dedi Wahyudi ini  demi untuk keselamatan Rakyatnya, dan bukti Kecintaan Pemerintah Kota Bengkulu terhadap Masyarakatnya. Karena selama ini begitu jalan Provinsi yang terletak diwilayah Kota Bengkulu sudah dihibahkan Pemprov ke Pemkot,  Walikota Helmi langsung perintahkan OPD Terkait agar jalan yang tadinya rusak parah di bangun hingga mulus, inilah  merupakan Bukti keseriusan pemkot untuk membahagiakan Rakyatnya” kataTeuku

Untuk diketahui sebelumnya sudah banyak jalan Provinsi di wilayah kota kondisinya sangat perhatin, Karena rusak para akibat minim pemeliharaan, Namun ketika sudah di hibahkan pemprov ke Pemkot.

Sebelum hari raya Idul Fitri tahun ini sudah bangun hingga mulus, bahkan saat ini manfaatnya  sudah dirasakan oleh masyarakat kota Bengkulu. Seperti Jalan Raya Asahan, dan Jalan Raya Simpang Cupang pagi, Kemudian Jalan Zainal Arifin depan Kompi Serta Jalan Raya di Lingkar Barat  depan Sekolah Carolus.

“Selama ini ada beberapa titik jalan Provinsi di dalam wilayah kota sebelum dihibahkan ke Pemkot kondisinya rusak Parah., Namun setelah Pemprov Menghibahkan jalan tersebut kepada Pemkot, langsung di bangun sesuai dengan janji waliKota Bengkulu Helmi Hasan Bersama Wakil Walikota Dedi Wahyudi ingin membahagikan masyarakat Kota Bengkulu” Ungkapnya

Teuku juga memastikan setelah menerima hibah status dari Pemprov,  jalan Hibrida dan Jalan simpang Kampung ini yang rusak ini, DPRD Kota bersama Pemkot Bengkulu akan memprioritaskan program pembangunan jalan Hotmix dan pemeliharaan drainase, demi untuk menyelamatkan masyarakat kota Bengkulu dari musibah banjir.

“Bukan berarti pemerintah kota Bengkulu ini banyak uang, tapi Pak Walikota Helmi Hasan memiliki landasan Sosial, pertama ingin menjamin keselamatan Rakyatnya dan  kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. karena yang digagaskan Pak Helmi bersama Wawali iini merupakan bentuk rasa sayang pemerintah kota Bengkulu dan Rasa cintanya kepada masyarakat” Tambah Teuku

Ia juga memberikan sangat Apresiasi atas Respon Pemprov Bengkulu, terutama kepada Gubernur Rohidin yang telah menyambut baik atas permintaan pemkot terkait Hibah Status Jalan Provinsi yang selama ini menjadi sorotan publik, karena kondisi jalan yang rusak parah ini akibat tidak perna di rehahabilitasi oleh Pemprov. sehingga dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan masyarakat kertika melintasi jalan tersebut.

“Kita apresiasi kinerja Pemkot, karena meskipun kondisi APBD kota Bengkulu terbatas, tapi pak wali tetap  semangat untuk mendorong dinas OPD agar membangun jalan mulus dan merata. kemudian kita juga memberi Apresiasi kepada Pemprov Bengkulu, terutama kepada Gubernur Rohidin yang telah menyambut baik atas permintaan Hibah status jalan provinsi yang kondisinya saat ini layak di perbaikan”Lanjutnya

Kendati demikian,untuk mewujudkan kemajuan pusat Kota Bengkulu, Teuku pun berharap agar Pemerintah Provinsi Bengkulu memberi kewenangan kepada Pemkot Bengkulu untuk membangun jalan Hibrida dan Jalan di simpang kampung Bali tersebut. ”Kita sepakat supaya 2 pemimpin daerah ini Berkolaborasi membangun jalan di wilayah kota yang kita cintai ini ” Pungkas Teuku

Berikut jalan pemprov yang sudah dihibahkan, kemudian diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ke pemkot,dan  kondisinya mulus, karena dibangun pemkot saat lebaran tahun 2022 ini, sekaligus pemasangan lampu jalan :

  1. Jalan Asahan
  2. Jalan Kapuas
  3. Jalan Bangka
  4. Jalan Sungai Rupat (Segmentasi 1 spot dijembatan)

5 . Jalan Bumi ayu ( Segmentasi 1 spot di depan Perumahan lbh kurang di STA 2500 dari titik Nol)

  1. samsul Bahrun (dr STA 0 sampai Simpang Korpri
  2. Jln. Samsul bahrun

Kemudian Jalan pemprov  Bengkulu yang sudah di serahkan ke Pemkot dan sudah diperbaiki Sbb:

  1. Jalan Nuzirwan zainul
  2. Jalan Samsul Bahrun
  3. Jalan Asahan

4.jalan Kapuas

5.jalan Sungai Rupat

  1. Jalan Bumi Ayu
  2. Jalan Sadang
  3. Jalan Bakti Husada

9.jalan sedap malam

  1. Jalan Putri gading Cempaka
  2. Jalan Moyor (TNI) H Boerhan dahri ( jalan ini Non status karna dinas PU Balai dan PUPR Provinsi Bengkulu tidak mengakui. Tapi saat ini telah di ambil alih oleh Pemkot Bengkulu. ( br)