TPP Tak Kunjung Cair, Nakes Puskesmas Dinkes Kota Ancam Tutup Pelayanan

Tenaga kesehatan Puskesmas Dinkes Kota Bengkulu melaksanakan aksi Spontanitas di Dinas Kesehatan Kota Bengkulu mengancam menutupi pelayanan karena Tunjungan Perbaikan Penghasilan (TPP) dari Bulan Mei – September Tahun 2023 tak kunjung dicairkan. Jum’at (22/09/2023). Dok: Edwin Soleh

Coverpublik.com,Bengkulu – Tenaga kesehatan Puskesmas Dinkes Kota Bengkulu melaksanakan aksi Spontanitas di Dinas Kesehatan Kota Bengkulu mengancam menutupi pelayanan karena Tunjungan Perbaikan Penghasilan (TPP)  dari Bulan Mei – September Tahun 2023 tak kunjung dicairkan. Jum’at (22/09/2023).

Aksi spontanitas tersebut terselebaran sepanduk yang tertulis Cairkan TPP Nakes bulan Mei sampai September dengan melibatkan massa aksi sebanyak +- 50 orang. Penanggungjawab Aksi Mulyadi, mengatakan, bahwa pihaknya meminta segera dibayarkannya dana Tunjungan Perbaikan Penghasilan (TPP) Tenaga kesehatan dilingkungan Pemkot Kota Bengkulu terhitung bulai Mei sampai dengan September 2023.

Tak perlu waktu lama, massa aksi tersebut langsung memasuki ruangan hearing, disambut Plt. Kadis Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Joni Hariyadi Thabatani, SKM.,MM, Asisten I, Asisten II, Kepala Inspektorat dan Kepala Bapeda Kota Bengkulu tiba di ruangan hearing.

Plt. Kadis Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Joni Hariyadi Thabatani, SKM.,MM mengatakan, bahwa Pihak Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Telah mengajukan pengusulan pencairan dana TPP Nakes Kota Bengkulu ke pihak BPKAD Kota Bengkulu untuk bulan Mei dan Juni 2023, pencairan akan di salurkan satu Minggu kedepan.

“Anggaran untuk Dana TPP sudah tersedia namun dalam hal pencaira masih ada kelengkapan Adm maupun Dokumen yang Haris dipenuhi dan dilengkapi”, katanya dihadapan massa aksi Nakes diruangan hearing itu.

Ia menjelaskan, kronologi lambatnya pencairan Dana TPP  karena masih adanya pekerjaan di Dinkes Kota yang berkaitan dengan anggaran yang belum terselesaikan yang menjadi kendala dalam pencairan TPP.

“Terkait pembayaran TPP akan segera dibayarkan”, tandasnya.

Kemudian, massa aksi mengancam apabila TPP tersebut tak dicairkan dalam minggu depan. Pihaknya akan melaksanakan aksi kembali dengan jumlah massa lebih banyak.

“Jika tidak, kami akan aksi lagi dengan massa lebih banyak”, demikian penanggungjawab aksi.

Diketahui, hasil hearng tersebut dibuatnya surat pernyataan oleh pihak Dinkes Kota Bengkulu dengan poin isi “_Akan segera di bayarkannya TPP bagi Nakes dilingkungan Pemkot pada hari Jumat, 29 September 2023_”  yang di tandatangani langsung Plt Dinkes Kota Bengkulu.

Pewarta: Edwin Soleh

Editor: Man Saheri