HSN 2023, Pimpinan Ponpes Makrifatul Ilmi: Santri itu Jihad Intelektual

Kegiatan Kirab Santri ( Pawai) dalam rangka hari santri nasional 2023 oleh Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi di Bengkulu Selatan. Sabtu (21/10/2023). Dok: Syafri Yanto

Coverpublik.com,BS –  Pimpinan Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Dr. KH. Abdul Munir, M.Pd menyebutkan bahwa menyambut Hari Santri Nasional 2023 dengan “Jihad Santri Jayakan Negeri” bagian dari jihad intelektual.

Hal tersebut disampaikannya pada saat Kegiatan Kirab Santri ( Pawai) dalam rangka hari santri nasional 2023 oleh Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi di Bengkulu Selatan. Sabtu (21/10/2023).

“Jika santri berperan sebagai garda terdepan dalam melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang gigih dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka”, ujarnya.

Ia menjelaskan dalam konteks tradisi Islam, jihad intelektual digunakan untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Para santri dianggap sebagai contoh utama dalam menjalankan jihad ini.

“Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai alat untuk penyebaran pengetahuan, santri mendalami ilmu dan menyebarkan pengetahuan”, pungkasnya.

Pewarta: Syafri Yanto

Editor: Man Saheri