Ini Faktor Mengganggu Tahapan Pemilu 2024

Pada saat menjadi pemateri rapat koordinasi pembinaan dan penguatan kelembagaan pada Pemilu serentak Tahun 2024 di Hotel Wilo Jl. Putri Gading Cempaka Penurunan Kota Bengkulu. Jum’at (24/111/2023). Dok: Edwin Soleh

Coverpublik.com,Bengkulu – Elfahmi Lubis SH salah satu Dosen di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mengungkapkan beberapa faktor eksternal yang berpotensi mengganggu tahapan Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkannya pada saat menjadi pemateri rapat koordinasi pembinaan dan penguatan kelembagaan pada Pemilu serentak Tahun 2024 di Hotel Wilo Jl. Putri Gading Cempaka Penurunan Kota Bengkulu. Jum’at (24/111/2023).

“ Faktor eksternal yang berpotensi mengganggu tahapan Pemilu 2024 rentan terjadi itu pada Keberadaan ormas/kelompok intoleran (Radikal), Sengketa tapal batas kota dengan Kabupaten dan Konflik sosial (rawan dipolitisasi untuk kepentingan kelompok)”, katanya.

Lanjutnya, faktor mengganggu Pemilu 2024 ini terhadap iu dalam pembinaan aparatur pengawas Pemilu. Yaitu, Kode Etik, Komunikasi efektif, Prinsip-prinsip dalam pengambilan keputusan/pleno, Prinsip-prinsip Pemilu, Peningkatan kapasitas SDM dalam memahami Tupoksi dan Kemampuan dalam memahami regulasi.

“Yang ini yang harus dicegah sejak awal agar proses Pemilu 2024 berjalan baik dan efektif”, lanjutnya.

Ia menyerankan lembaga Pemilu 2024 harus melakukan upaya penguatan kelembagaan Bawaslu. Meningkatkan inisiatif (proaktif) terhadap laporan maupun temuan pengawasan terkait dugaan pelanggaran Pemilu diwilayah kerja masing-masing.

“Yang penting itu meningkatkan kapasitan SDM Aparatur Pengawas Pemilu dan peningkatan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait”, pungkasnya.

Pewarta: Edwin Soleh
Editor: Man Saheri