Pemprov Menghimbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik

Titik rawan longsor, Doc.Restu Edi/Coverpublik.com

Coverpublik.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui ​Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menghimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran 2024 untuk waspada terhadap cuaca ekstrem.

Wilayah di Provinsi Bengkulu saat ini berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang.

BMKG pun merilis peringatan agar masyarakat mewaspadai cuaca selama musim pancaroba.

“Beberapa titik jalan rusak dan daerah rawan longsor menjadi perhatian pemerintah,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Herwan Antoni.

Hujan deras dapat menyebabkan jalan licin dan longsor, seperti di Liku Sembilan Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Selatan, hingga ke arah jalan Tanjung Sakti Bengkulu Selatan.

Selain itu, area berpotensi banjir juga sering terjadi ketika hujan, meliputi daerah di Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Utara dan Mukomuko.

Herwan meminta masyarakat agar berhati-hati, terutama yang berkendara menggunakan jalur darat. Patuhi rambu-rambu larangan dan imbauan yang telah terpasang.

“Untuk perjalanan jauh, masyarakat diimbau menggunakan moda transportasi umum dan tidak memaksakan diri ketika terjadi hujan terkhusus bagi pengguna kendaraan roda dua,” tuturnya.

Pemerintah memprediksi mudik lebaran akan mulai berlangsung pada H-5 lebaran, sedangkan arus balik diperkirakan akan mulai pada H+2 hingga puncaknya sepekan setelah lebaran.

Pewarta: Restu Edi
Editor : Man Saheri