Waspada Gempa Bumi dan Tsunami, Ini Tips Aman Untuk Warga Kota Bengkulu

CoverPublik.com  – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan, salah satunya terhadap bencana alam.

Bencana alam yang kerap menjadi momok menakutkan di Kota Bengkulu ialah gempa bumi dan tsunami.

Dimana, posisi geografis Kota Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berada pada patahan sumatera menyebabkan sering terjadinya gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Mengingat hal itu, Pemkot mengimbau warga untuk waspada dan memberikan beberapa tips langkah-langkah yang harus di ambil jika terjadi gempa berpotensi terjadinya tsunami.

Saat terjadi gempa, warga diimbau tetap tenang jangan panik. Kemudian, lindungi diri, berlindung di bawah meja, atau jika tidak ada, tutupi kepala dan leher dengan tangan. Jika di luar warga diimbau jauhi bangunan dan benda yang bisa runtuh. Setelah itu, jika posisi lagi mengemudi warga dimibta hentikan kendaraan di tempat aman dan tetap di dalam mobil.

Sementara langkah setelah terjadi gempa, warga diminta memeriksa diri sendiri dan orang lain, cek cedera dan berikan pertolongan pertama.

Selain itu, semuanya diminta waspadai gempa susulan siap untuk kemungkinan guncangan berikutnya.

Lakukan evakuasi jika diperlukan, cari tempat aman jika bangunan rusak. Kemudian periksa kerusakan, hindari risiko kebocoran gas atau listrik. Untuk lebihlanjut bisa mengikuti petunjuk pihak berwenang, dengarkan informasi dari radio,TV atau aplikasi berita.

Dan jika anda terjebak, tetap tenang dan beri tanda darurat untuk menarik perhatian.

Selain langkah-langkah di atas, kita juga harus mempersiapkan beberapa hal disaat terjadi gempa, apalagi berpotensi tsunami. Seperti mengetahui rute evakuasi, mengenali jalur evakuasi menuju area yang lebih tinggi dan aman. Menandai tempat perlindungan dan identifikasi lokasi perlindungan tsunami di sekitar anda.

Selain rute, warga juga diminta memiliki KIT darurat atau sering disebut peralatan darurat seperti makanan dan air untuk beberapa hari. Kemudian lampu, baterai, dan handphone, untuk informasi dan penerangan. Siapkan juga obat-obatan dalam wadah tahan air.

Adapun perlengkapan tambahan seperti peluit untuk menarik perhatian jika terjebak. Selimut dan pakaian hangat untuk perlindungan tambahan dalam keadaan darurat.

Untuk rekomendadi titik kumpul di Kota Bengkulu saat terjadi gempa bumi berpotensi tsunami yakni Universitas Bengkulu, Kantor Camat Muara Bangkahulu, Lapangan Merdeka, Masjid At Taqwa, Rumah Bung Karno, Stadion Semarak, Simpang Empat Pantai, Tugu Pelajar, SMK N 02 Kota Bengkulu, Lapangan Pesantren Pancasila, Kantor Walikota Bengkulu, Kantor Disdukcapil Kota Bengkulu. (Ads)