‎Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, AAUI Bengkulu Gelar Literasi Asuransi untuk Negeri

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Bengkulu saat foto bersama

CoverPublik.com  – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Bengkulu menyelenggarakan acara literasi asuransi dalam rangka memperingati Hari Asuransi Nasional ke-18. Acara puncak tersebut digelar di Black Rock Dining and Bar, Hotel Mercure Bengkulu, dengan serangkaian kegiatan yang dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk para pemimpin perusahaan asuransi, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan masyarakat umum. Peringatan Hari Asuransi kali ini mengusung tema “Literasi Asuransi untuk Negeri: Pahami, Miliki, Lindungi.”

‎Kegiatan dimulai dengan senam bersama untuk membangun semangat kebersamaan di antara peserta. Ketua Panitia Hari Asuransi, Heriyadi Fitriawan, QWP, menyampaikan bahwa Hari Asuransi Nasional diperingati setiap tanggal 18 Oktober sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi dan mewujudkan keuangan inklusif yang merata di Indonesia.

‎“Dalam bulan inklusi keuangan ini, peran dan tanggung jawab kita sebagai pelaku jasa asuransi semakin besar untuk terus meningkatkan literasi asuransi di masyarakat,” ujar Heriyadi, Sabtu pagi (26/10/2024).

‎Kegiatan tersebut dihadiri oleh 18 perusahaan asuransi yang beroperasi di Provinsi Bengkulu. Menurut Heriyadi, industri asuransi di Indonesia saat ini terus berkembang pesat. Berbagai acara juga telah diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Asuransi Nasional, termasuk kompetisi olahraga seperti golf, domino, tenis meja, dan bulutangkis yang diikuti oleh karyawan perusahaan asuransi dan perbankan. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antarperusahaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan finansial.

‎Ketua AAUI Cabang Bengkulu, Yudi Irawan, menyampaikan harapannya agar kegiatan Hari Asuransi dapat memperkuat ikatan antara perusahaan pembiayaan, perbankan, serta masyarakat umum.

‎“Hari Asuransi tidak hanya diperingati secara nasional, tetapi juga diakui secara global. Pada hari yang istimewa ini, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) dan OJK Bengkulu. Salah satu inisiatif kami adalah memberikan pemahaman dasar tentang asuransi kepada siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) di Bengkulu,” ujar Yudi.

‎Sebagai bagian dari komitmen sosial, AAUI Bengkulu mengadakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan polis asuransi kecelakaan diri secara gratis kepada para siswa SLB. Program ini merupakan bentuk kolaborasi antara AAUI dengan FKIJK dan OJK Bengkulu, yang bertujuan memberikan rasa aman kepada para siswa dan keluarganya. Selain memberikan perlindungan, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi di Indonesia.

‎Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Industri Jasa Keuangan dan Layanan Manajemen Strategis OJK Bengkulu, Delpa Susianti, menekankan pentingnya sinergi antara perusahaan asuransi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

‎“Kami berharap seluruh perusahaan asuransi di Bengkulu dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, terutama dalam membangun kepercayaan terhadap produk asuransi,” ungkap Delpa.

‎Delpa juga menambahkan bahwa edukasi yang berkesinambungan sangat penting agar masyarakat semakin memahami dan percaya terhadap manfaat asuransi. OJK Bengkulu berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif seperti ini dalam rangka menciptakan ekosistem keuangan yang lebih inklusif dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

‎Dengan terselenggaranya kegiatan Hari Asuransi Nasional di Bengkulu ini, AAUI berharap masyarakat dapat lebih memahami pentingnya memiliki asuransi untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko finansial. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan industri asuransi di Bengkulu serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan dan produk asuransi di Indonesia. (Ads)